Informasi
Selamat datang di tabloid-infomedia.com *

Berita

Nyi MT Sestrorukmi : Makna Batik Suryo Mulyarja Dalam Dhaup Ageng
Makna Batik Suryo Mulyarja Dalam Dhaup Ageng

Tabloid-infomedia.com
(JOGJA). Motif batik Surya Mulyarja dipilihnya kedua pengantin tersebut memberi warna tersendiri dalam perhelatan Dhaup Ageng yang dihadiri pejaba inggi Negara, kerajaan Se Jawa, Duta Besar termasuk Presiden RI dan wakil Presiden, bagaimana dipilihnya motif batik tersebut seperti diituturkan Nyi.MT. Sestrorukmo. Bukan tanpa alasan dipilihnya dalam Dhaup Ageng BPH Kusuma Bimantoro, ST, dan dr.Maya Lakshita Noorya, yang dilangsungkan 5 Januari 2018 di Bangsal Sewatama, Pakualaman. Surya Mulyarja, bersumber pada iluminasi naskah Sestradisuhul tahun1847 yang dicipta pada masa Paku Alam II. Hal tersebut disampaikan Dr.Sri Ratna Saktimulya M.Hum yang mendapat kekancingan Nyi Mas Tumenggung Sestrarukmi dalam jumpa Pers terkait Dhaup Ageng, Jumat (4/1/2019).

Menurutnya, Surya Mulyarja merupakan manisfestasi ajaran kepemimpinan Asthabrata. Adapun karakter utama Batara Surya yang tersurat dalam naskan Sestradisuhul adalah cermat dermawan dan memotivasi para muridnya untuk rajin berusaha agar dapat hidup sejahtera lahir dan bathin. ”Oleh sebab itu, Motif batik Surya Mulyarja yang secara etimologi berasal dari kata surya yang berarti matahari sebagai representasi Batara Surya, mulya berarti luhur dan arja berarti selamat.” papar Dr.Sri Ratna Saktimulya, M.Hum. 

Dengan demikian, lanjut Nyi Tumenggung, Mulyarja merupakan doa atau harapan untuk meneladani karakter luhur Batara Surya. Selain itu, dalam kaitannya dengan peristiwa Dhaup Ageng ini karakter-karakter luhur tersebut diharapkan akan menjadi pedoman bagi BPH Kusuma Bimantoro, ST, dan dengan sendirinya juga sang istri. Keteladanan Batara Surya juga diharapkan akan menjiwai seluruh rangkaian upacara “Dhaup Ageng” beserta semua pihak yang terlibat di dalamnya. (Niz/Isan R)

Tag

Nyi

MT

Sestrorukmi

:

Makna

Batik

Suryo

Mulyarja

Seni/Budaya 05-01-2019