Informasi
Selamat datang di tabloid-infomedia.com * Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tangkap tangan Bupati Indramayu Supendi, Ajudan Bupati Indramayu Haidar, Sopir Bupati, Staf Dinas PUPR berinisial F, dan seorang pengusaha bernama Carsa, Selasa (15/10/2019). *

Berita

Organisasi Kepemudaan Banyak Ditekuni Kalangan Mahasiswa dan Pelajar
Organisasi kepemudaan banyak ditekuni sejumlah mahasiswa dan pelajar.

Tabloid-infomedia.com
(Bantul). Organisasi kepemudaan saat ini banyak di tekuni oleh sejumlah mahasiswa dan pelajar. Salah satu Organisasi berbasis kepemudaan yang baru-baru ini hadir yaitu Bantul Bergerak. Komunitas ini didirikan pada 29 Desember 2018 oleh Tariq Hidayat Pangestu, walau terbentuknya belum cukup lama, namun sudah banyak kontribusi yang diberikan oleh Bantul Bergerak.

Founder sekaligus Ketua Bantul Bergerak ini didirikan atas dasar keresahan tidak adanya wadah untuk pemuda pemudi bantul untuk berkarya bersama. Walaupun terdapat wadah lain seperti Ikatan Mahasiswa Bantul (IMABA), namun menurutnya belum bisa menaungi pemuda pemudi yang ada Bantul.

Tariq Hidayat Pangestu bersama 9 temannya mengawali dengan nongkrong bersama hingga berbuah diskusi untuk membentuk sebuah komunitas yang bergerak dalam bidang sosial masyarakat dan pendidikan yaitu Bantul Bergerak. Organisasi ini tentunya terinspirasi dengan Organisasi lain, seperti Gunungkidul Menginspirasi dan Yogyakarta Menginspirasi.

“Bantul yang banyaknya segini, kok tidak kita buat saja satu wadah untuk gerak bareng gitu. Tidak ada wadah ini ada indikatornya, bahwa ketika kita oprec itu yang daftar kira-kira 500 hingga 600, itu kan bukti bahwa memang tidak ada wadah” ucap Tariq.

Bantul Bergerak ini, memiliki fokus tujuan yaitu sosial masyarakat dan pendidikan. Visi organisasi ini menjadikan pemuda pemudi di bantul ini sebagai pemuda pemudi yang kontributif, kreatif dan inspiratif. Selain itu, untuk mencapai visi tersebut ada 5 misi yang dicanangkan, salah satunya bagaimana pemuda pemudi di Bantul ini bisa aktif terlibat dalam setiap kegiatan.

Bantul Bergerak ini memiliki beberapa departemen, yaitu PSDM, Humas dan Jaringan, Media dan Info, Pendidikan, Sosial Masyarakat, dan Kewirausahaan. Setiap departemen itu tentunya sudah memiliki program-program. Salah satunya di departemen pendidikan, akan segera ada desa binaan. Dan di bidang Sosial masyarakat yaitu dengan menjadi relawan bencana, seperti pada bencana banjir yang terjadi di Imogiri beberapa bulan yang lalu. (Shafa)

Tag

Organisasi

Kepemudaan

Banyak

Tekuni

Sekilas Info 10-07-2019