Informasi
Selamat datang di tabloid-infomedia.com *

Berita

Presiden RI Joko Widodo Hadiri Dhaup Ageng Pakualaman
Presiden RI Joko Widodo Hadiri Dhaup Ageng Pakualaman

Tabloid-infomedia.com
(JOGJA). Puncak Dhaup Ageng pasangan BPH Kusumo Bimantoro dan dr.Maya Lakshita Noorya, setelah terlebih dahulu melalui prosesi siraman kedua mempelai, putri di Gandok Wetan, dan kakung di Parangkarsa, Midodareni, Tantingan di Pracimasana, Ijab di Masjid Ageng, nyengker di ndalem Kepatihan Pakualaman.

Suasana kesakralan masih terasa kental dengan tradisi Jawa, perhelatan putra pertama dari dua bersaudara, BPH Kusumo Bimantoro dan BPH Kusumo Kuntonugroho putra dari KGPAA Paku Alam X dan GKBRAA Paku Alam. Peristiwa bersejarah, tersebut berlangsung di ndalem Sewatama, Sabtu Kliwon (5/1/2019).

Ribuan pasang mata menyaksikan prosesi ijab qobul dan, resepsi pahargyan yang disiarkan lewat layar monitor, maupun siaran langsung sebuah stasiun televisi. Hadir dalam tamu VIP, Presiden RI Joko Widodo beserta istri Iriana, Joko Widodo memberi ucapan selamat dan foto bersama, yang kemudian meninggalkan Yogyakarta. Hadir pula keraton se Jawa,Gubernur, Jateng, Walikota/Wawali, Bupati Sleman, Bantul, beberapa tamu perwakilan duta besar.

Gusti Moeng kerabat Kasunanan Surakarta yang hadir bersama suaminya, menyatakan dalam hidupnya baru kali ini peristiwa bersejarah yang ia alami.” Harapan saya, kita bukan pemilik bagi dinasti sudah ada, tinggal meneruskan tradisi eyang-eyang yang terdahulu. Semoga menjadi keluarga Sakinah Mawadah Wa Rohmah dan mengembangkan kebudayaan Keraton, karena keraton menjadi sumber dari budaya Jawa,” ungkapnya.

Dalam acara pahargyan disuguhkan Beksan Golek Prabu Dento karya dalem KPAA Paku Alam X ditarikan oleh delapan penari putri yang mengekpresikan keceriaan. Beksan Lawung Alit merupakan bagian tradisi Lawung Ageng yang lahir dan berkembang di Keraton Yogyakarta, dan diciptakan Ng.D.I.SK.S Hamengku Buwono I. (Joek/Isan R)

Tag

Presiden

RI

Joko

Widodo

Hadiri

Dhaup

Ageng

Pakualaman