Informasi
Selamat datang di tabloid-infomedia.com *

Berita

Seminar Nasional : Tipikor Berkeadilan Berperi kemanusiaan

Tabloid-infomedia.com
(Jogja) - Persolan tindak pidana korupsi dan penegakan hukum telah menjadi polemik, catatan akademis, KPK sebagai institusi penegakan hukum memperoleh kepercayaan dari masyarakat. Kendatipun hasil optimal belum dapat dicapai, peran strategis KPK dalam memerangi kejahatan korupsi harus mendapatkan dukungan kuat dari semua stakeholder masyarakat. Hal tersebut disampaikan Dr.Mudzakkir, SH., MM dalam Seminar Nasional “Mewujudkan Penegakan Hukum Dan Penyelenggaraan Peradilan Tipikor Berperi kemanusiaan Dan Berkeadilan,” di Auditorium PYBW Jl.Cikditiro, Yogyakarta (29/12/2018).

Menurutnya,aktifis dan masyarakat akademis, di beberapa kampus merasa gerah dengan berbagai kecenderungan KPK terkait penegakan hukum kurang konsisten khususnya penyelenggaraan Peradilan Tipikor. Di tahun politik banyak elit-elit politik anggota legislatif, eksekutif, dan oknum peradilan tertangkap tangan dan dipenjarakan.

Tampil dalam seminar nasional yang diselenggarakan Program Doktor Ilmu Hukum Fak.Hukum UII bekerjasama dengan Centre for Leadership and Law Development Studies (CLDS) Fak. Hukum UII. Narasumber dalam seminar tersebut, Prof. Jawahir Thontowi, SH.Ph.D, Direktur Centre for Leadership and Law Development Studies (CLDS),Prof. Moh. Mahfud MD,SH, SU, M.Hum, Prof.Dr.Bagir Manan SH,MCL, Dr. Maqdir Ismail, SH LLM, (Pengacara Senior Jakarta), Dr.Mudzakir SH MH, Prof.Dr.Eddy OS Hiariej, SH MH. Dr. Zaenal Arifin Mochtar,SH,LLM, Hanafi Amrani, SH.LLM,Ph.D.

Dikatakan, Mudzakir ambruknya nila-nilai moral semakin terbaca ketika kebanyakan koruptor kehilangan rasa malunya. Sebaliknya kecenderungan peran KPK yang kurang menjunjung tinggi hak dasar kemanusiaan. Beberapa tersangka telah jatuh harkat dan martabatnya, karena praktek penyadapan hingga Operasi Tangkap (OTT). Kewenangan PK tanpa adanya pengawasan dapat menyalah gunakan kekuasaan (abuse of power). Tidak mengherankan, jika kemudian masyarakat akademis mulai mempertanyakan ada tidaknya putusan pengadilan Tipikor yang berkeadilan dan berperi kemanusiaan, suatu komitmen aparat penegak hukum untuk menjunjung tingga sila perikemanusiaan dan berkeadilan Pancasila. (Isan/Prio)

Tag

Seminar

Nasional

Tipikor

Berkeadilan

Berperikemanusiaan