Informasi
Selamat datang di tabloid-infomedia.com *

Berita

TNI : Museum Dharma Wiratama Berbasis Multimedia Dibuka Untuk Umum

Tabloid-infomedia.com

(Jogja). Dengan ditandai pengguntingan pita oleh Kolonel (Inf) RL Robinson L Simanjuntak, Kasubdisfung Dinas Sejarah TNI AD, mewakili Kadisjrahad Brigjen TNI Djashar Djamil,S.E.,M.M. yang berlangsung di Museum Dharma Wiratama, Yogyakarta Rabu(19/12/2018).

Dalam sambutan tertulis, Kadisjarahad yang dibacakan Kol.(Inf) RL Robinson L Simanjuntak, Kasubdisfung Dinas Sejarah TNI AD, mewakili Kadisjrahad Brigjen TNI Djashar Djamil,S.E.,M.M. Renovasi museum tahap pertama sudah selesai, dan segera dilanjut tahap kedua . Pembangunannya menghabiskan dana 3 milyard.

Menurutnya, program Litbanghan TNI AD akan dilanjutkan pembangunan di beberapa museum dibawah Disjarah TNI AD. Museum milik TNI AD Dharma Wiratama dan Sasmita Loka Pangsar Sudirman dibuka untuk umum, Museum berbasis multimedia ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah pengunjung.

Hadirnya museum berbasis multimedia kedepan, generasi milenial tidak kehilangan sejarah, diantaranya menampilkan empat digital book, digital Holoscreen, Video maping, Hologram chouptik dan Aughmented Reality dengan dilengkapi penjelasan grafis maupun relief dan diorama perjuangan delapan Palagan.

Pembukaan museum dimeriahkan dengan historical bike. Lomba mewarnai, pentas seni unggulan SD/SLTP/SLTA dan mewarna diikuti anak usia SD. Sementara itu, mantan Kepala museum Dharma Wiratama, Kol.Drs. Nur Wasis M.M, mengatakan dibangun di bekas bangunan sejarah, karena TNI pernah bermarkas. Ydang melatar belakang dijadikan museum, sejak berdiri TNI selalu berjuang.

Museum berbasis multimedia, diharapkan akan menambah daya tarik pengunjung. “Bangunan bersejarah Musuem TNI-AD Dharma Wiratama, adalah bekas markas besar TKR pada masa mempertahankan kemerdekaan tahun 1945 - 1950. Musuem yang terletak di pusat kota ini pernah menjadi kantor Pangsar Sudirman beserta staf dalam mendukung perjuangan kemerdekaan“ ungkap Nur seusai upacara. (Isan Riyanto)

Tag

Museum

TNI

dibuka

untuk

umum